Memasak Lebih Mudah Dengan Blenz Si Blender Pintar Dari Cosmos

Alhamdulillah, walaupun blog ini masih belum selesai dibenerin, tapi tampilannya sudah jauh lebih cantik dari sebelumnya. Negeri Dongeng juga sekarang hosting di Blogspot, kembali ke selera asal :) Ceritanya nanti aja deh ya, soalnya sekarang ini saya mau cerita kebahagiaan saya di dapur sejak punya gadget baru dari Cosmos.

Apa sih yang ada dipikiran teman-teman bila mendengar kata Cosmos? Kalau jawabannya beras, artinya kita seumuran, yaaa gak beda jauhlah :) Buat yang gak ngerti, jadi ya jaman TV Swasta masih jarang bener, iklan Cosmos dengan tagline Ingat Beras Ingat Cosmos itu sering banget diputar, makanya jangan heran kalau nempel banget diingatan anak-anak keren waktu itu. Ehem! Nah, Cosmos yang merupakan brand dari PT Starcosmos yang merupakan perusahaan milik anak bangsa. Star Cosmos didirikan oleh Ir. Alam Surjaputra tahun 1976 yang artinya sudah lebih dari 41 tahun produk-produk Cosmos hadir dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari penyimpan beras yang legendaris itu (dengan taglinenya Ingat Beras, Ingat Cosmos), kipas angin, sampai mesin cuci dan bulb lampu telah diproduksi oleh PT Starcosmos. Selama berdiri sampai saat ini, PT Starcosmos sudah memenangkan banyak award atas keunggulan produk-produk mereka, yang terbaru di tahun 2016 adalah Top Brand Award untuk Famous Brand Kitchen Category. Semua award yang didapatkan Cosmos adalah cerminan dari produk-produk yang mengedepankan kualitas yang bisa diandalkan oleh semua konsumennya.

Blenz-Cosmos

Cosmos Blenz adalah #BlenderPintar seri C-802 yang merupakan salah satu produk unggulan terbaru dari PT Starcosmos dari line Kicthen Appliance mereka. Blender ini sangat komplit, karena selain blender kita juga mendapatkan chopper, dry and wet mill dalam boxnya. Komplitkan? Semua kebutuhan untuk melumatkan berbagai jenis bahan makanan bisa diselesaikan oleh #BlenderPintar ini.

Goblet untuk blender atau juicer terbuat dari plastik dengan kapasitas 1,2liter yang dilengkapi dengan gelas ukur bongkar pasang dibagian atas tutupnya, jadi memudahkan bila kita ingin menambahkan air atau madu, misalnya. Buat yang senang bikin juice tapi gak suka ampas dari buah atau sayur, tidak perlu khawatir karena ada filter bongkar pasang yang bisa digunakan menyaring ampas tersebut. Blender ini memiliki fungsi safety lock yang bila goblet tidak terpasang dengan tepat di mesinnya (sampai bunyi "click"), motor tidak akan berfungsi. Selain itu ada rubber feet yang anti slip sehingga mesin tidak akan berpindah atau goyang selama pemakaian. Dan yang serunya, kabelnya bisa disimpan dibawah mesih loh, jadi gak perlu rusuh nyari karet buat gulung kabel, karena sesungguhnya karet itu seringkali lenyap disaat kita butuh dan bertebaran dimana-mana setiap kita nyapu rumah *kisah nyata*.

CosmosBlenz-1
CosmosBlenz, si #BlenderPintar

Dry mill si #BlenderPintar ini selain bisa digunakan untuk menggiling bumbu halus seperti ketumbar atau merica, bisa juga digunakan untuk menggiling kopi dan beras. Kontener dry mill dibedakan dengan wet mill yang bisa digunakan untuk membuat bumbu masakan seperti bumbu dasar merah, putih dan kuning atau membuat aneka sambal dan bisa juga digunakan untuk membuat makanan bayi buat para ibu yang sedang aktif membuat MPAsi. Kalau saya sih, berhubung masa MPAsi K sudah lewat, wet mill saya pakai untuk bikin sambal bawang, sementara chopper saya pakai untuk membuat bakso.

Ada 3 tombol yang terdapat di body mesinnya, Pulse/Clean, High dan Low. Sesuai dengan namanya, tombol Pulse/Clean digunakan untuk membersihkan goblet atau kontener yang telah kita pakai, caranya dengan menekan tombol pulse. Tombol Pulse ini juga bisa kita gunakan apabila kita ingin mengontrol kehalusan dari bahan makanan yang hendak kita lumatkan. Waktu membuat sambel bawang, tombol pulse ini yang saya tekan. Perlu diingat, bila tombol Pulse/Clean ini terus ditekan, maka blender akan bekerja pada kecepatan tertinggi, jadi jangan sampai lupa untuk berhenti menekan bila kita menginginkan hasil yang tidak terlalu halus.

Untuk membuat bakso, tombol Low (kecepatan rendah) yang saya gunakan, sementara untuk bumbu kering seperti menggiling ketumbar atau kopi, tekan tombol High (kecepatan tinggi). Untuk dua tombol Low dan High ini, kita tidak perlu menekan terus menerus seperti yang kita lakukan saatu menekan tombol Pulse/Clean, karena #BlenderPintar ini dilengkapi dengan Blenz Technology, yaitu teknologi pintar dari Cosmos yang mengatur blender untuk berhenti sejenak dan menyala secara OTOMATIS agar hasil LEBIH HALUS! Asik banget gak sih, apalagi dengan adanya thermostat yang secara melindungi motor blender agar tidak terbakar bila ada penggunaan yang diluar prosedur atau batas wajar, karena thermostat akan memutus aliran listrik secara otomatis. Ah, ini penting banget nih, rasa aman, apalagi buat orang yang takut sama listrik seperti saya. Gak banget ya, lulusan teknik tapi takut listrik :D

Cosmos-Blenz-2

Sambel Bawang
Modifikasi dari Resep Anita Joyo

Bahan:
200 gr bawang merah
3 siung bawang putih
20 gr cabe rawit merah, oranye dan hijau
Kaldu sapi bubuk
Garam
Gula pasir
Minyak goreng

Cara:
1. Kupas bawang merah dan bawang putih. Buang tangkai cabe rawit dan cuci bersih.
2. Panaskan minyak dan masukkan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit sampai harum dan layu.
3. Haluskan dengan menggunakan wet mill dari CosmosBlenz. Tekan tombol pulse sebentar saja agar tidak terlalu halus.
4. Panaskan kembali minyak bekas menggoreng bawang dan cabe, lalu tambahkan campuran sambal yang sudah dihaluskan. Tambahkan kaldu bubuk, garam dan gula pasir. Masak sampai minyak berwarna kemerahan. Angkat dan dinginkan. Masukkan dalam wadah kedap udara. Simpan dalam lemari pendingin.

Sambel Bawang ini gak recommended banget buat yang lagi diet, karena kita jadi punya alasan untuk nambah lagi dan lagi kalau makan sambel bawang ini, gawatkan :D
Oya, dulu waktu masih di Jerman, saya suka bikin Sambel Bawang versi saya yang resepnya bisa diintip disini.

Cosmos-Blenz-3

Untuk resep bakso, saya pakai resep bakso andalan yang saya dapat dari para ibu-ibu jagoan masak di Jerman. Untuk resep bakso komplit dengan kuahnya, bisa dilihat disini. Berhubung masih perdana nyoba choppernya CosmosBlenz, saya pakai setengah resep.

Bakso
Modifikasi dari berbagai sumber

Bahan:
250 gr daging sapi cincang
50 gr tepung tapioka (tepung sagu)
1 butir telur
3 siung bawang putih
1/2 sdt soda kue (baking soda)
1/2 sdt merica (lada putih)
1/2 sdt garam
1/2 blok kaldu sapi
Air untuk merebus

Cara:
1. Rebus air dan kaldu sapi dengan api sedang, jangan sampai mendidih.
2. Haluskan bawang putih dan garam dengan menggunakan wet mill CosmosBlenz. Sisihkan.
3. Campur tepung tapioka (sagu), soda kue, daging cincang, telur, merica dan bawang putih yang sudah dihaluskan bersama garam, masukkan dalam chopper sebagian. Tekan tombol Low pada CosmosBlenz dan biarkan menggiling sampai halus, taruh dalam wadah besar. Masukkan sisa adonan ke dalam chopper dan haluskan dengan menggunakan kecepatan rendah. Tambahkan dan aduk rata dengan adonan pertama.
3. Ambil satu sendok makan adonan dan bulatkan dengan menggunakan dua buah sendok lalu masukkan dalam air rebusan kaldu. (Kalo mau cepat, ambil segenggam daging lalu dikepal dan dikeluarkan melalui ibu jari dan telunjuk, ambil dengan sendok lalu masukkan dalam air rebusan kaldu). Lakukan sampai adonan habis. Biarkan bakso sampai mengapung di atas permukaan air. Angkat dan tiriskan. Simpan plastik kedap udara dan simpan dalam freezer (bila tidak ingin segera dimakan).

Beneran deh, CosmosBlenz si #BlenderPintar ini membuat pekerjaan memasak jadi lebih menyenangkan tanpa perlu menghabiskan waktu yang lama, karena "Sekali pencet bisa ngeblenz sendiri, bisa berhenti sendiri, hasil lebih lebih lebih halus".

----
PT. Starcosmos

Website: www.starcosmos.com
Facebook Fanpage: Cosmos
Instagram: CosmosOnline
Twitter: @cosmosonline



0 comments :

 

About Me

My photo
A West Sumatran's descendant, born and raised in Jakarta. Now living in Northern Germany. A full time dreamer.

In Member of..