Baking Class with Bungasari

Ceritanya minggu lalu, tepatnya Rabu, 20 April 2016 saya diundang IDFB (Indonesian Food Blogger) yang bekerjasama dengan Bungasari Flour Mills Indonesia untuk belajar baking di Bungasari Innovation Center di Jl. Taman Pakubuwono 6 No. 11. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 20 menit dengan Gojek, akhirnya saya sampai juga walaupun terlambat 5 menit plus rasa pegal karena terlalu lama duduk diatas motor. FYI, ini kali pertama saya naik Gojek, keren ya :)

Bungasari 2


Kedatangan saya disambut sangat ramah oleh pihak Bungasari dan seperti mengerti bahwa saya telah menempuh perjalanan yang sangat jauh, mereka mempersilahkan saya untuk mengganjel perut dengan aneka snacks yang telah mereka sediakan. Saya langsung yakin kalau snacks yang mereka sajikan itu pasti dibuat memakai tepung terigu Bungasari.

Bungasari


Bungasari adalah salah satu produsen tepung terigu yang merupakan gabungan dari FKS (Indonesia), Malayan Flour Mills (Malaysia), dan Toyota Tsusho (Jepang) yang dengan keahlian dan pengalaman mereka menghadirkan teknologi terbaik dan ahli ternama ke dalam proses kreasi Bungasari. Pabrik penggilingan tepung Bungasari mengadopsi sistem dan teknologi yang paling canggih saat ini, yang memampukan mereka melakukan proses pencampuran terigu dengan cara mutakhir sehingga menghasilkan tepung terigu dengan butiran paling halus dan paling bersih dan pada akhirnya menghadirkan produk dengan kualitas terbaik dan konsisten bagi pasar. Bahan baku gandum yang mereka gunakan pun hanya yang berasal dari negara-negara penghasil gandum terbaik di dunia seperti Australia, Kanada, dan Amerika. Wah, kebayang dong mutu dari tepung terigu Bungasari ini ;)

Our Product


Sebelum baking class dimulai, saya dan teman-teman mendapatkan pengetahuan mengenai Bungasari, apa dan siapakah Bungasari, jenis, keunggulan dan kegunaan dari produk tepung terigu mereka. Bungasari mengeluarkan dua varian produk, yaitu: Tepung Terigu Super Premium dan Tepung Terigu Premium. Tepung Terigu Super Premium akan memberikan hasil dengan kualitas yang lebih sempurna dan tentunya dengan harga yang lebih mahal dibandingkan Tepung Terigu Premium. Eitssss, tapi jangan takut, walaupun namanya Super Premium, harganya masih sangat bersahabat loh. Sementara untuk jenis, Bungasari mengeluarkan Tepung Terigu Serbaguna, Tepung Terigu Protein Rendah dan Tepung Terigu Protein Tinggi, yang masing-masing punya kegunaannya berbeda. Jangan lupa diperhatikan ya teman-teman, kita harus menggunakan tepung yang sesuai bila ingin membuat kue atau cake agar hasil yang kita dapatkan juga maksimal.

Bungasari 1


Chef Kelik membuka sesi selanjutnya dengan memberikan kami pengetahuan dasar mengenai cake dan juga tips dalam pembuatan cake atau kue. Duh! Kalau bukan karena Bungasari, saya gak akan tahu loh kenapa sih telur itu dikocok terpisah dengan gula, atau kenapa sih loyang harus dialasi kertas baking bukannya dioles saja dengan lemak? Lemak yang dimaksud bukan lemak dibadan saya loh ya, tapi margarine, butter atau minyak.

Bungasari Slide


Singkat cerita, kamipun sampai pada sesi yang paling ditunggu, yaitu: makan siang #eh maksud saya baking class! Kali ini kami akan diajari cara membuat Sacher-Torte, cakenya orang Austria yang diciptakan oleh Franz Sacher pada tahun 1832 dan merupakan khasnya kuliner Wina, Austria. Waktu masih tinggal di Jerman, Sacher-Torte ini salah satu cake idaman yang pengen saya buat tapi gak pernah jadi, eh kok ya malah di Bungasari Innovation Center saya akhirnya buat cake ini dan kabar gembiranya..kami masing-masing nantinya akan membawa pulang satu loyang (diameter 15cm) Sacher-Torte. Yay!

Bungasari Peserta
Dapat sertifikat juga loh.. Yay!! (Photo Courtesy of Bungasari


Peserta baking class yang terdiri dari 15 orang dibagi menjadi 3 grup masing-masing dengan anggota 5 orang dan saya kebagian satu grup dengan Arni, Adie, Eliza dan Winda, horeeeee!. Dapur Bungasari ini luas, peralatan yg lengkap juga canggih dan pastinya enak buat motret, jadi jangan salahkan kami bila sepertinya kami lebih banyak motret daripada bakingnya :D

Bungasari 3


Misahin kuning telur slow motion ala Arni


Bungasari 4


Selama acara baking, Chef Kelik dan Chef Latief selalu sigap menjawab pertanyaan dan memberikan petunjuk, dan pastinya membantu kami *baca: saya* yang masih anak bawang di dunia per-baking-an ini. Bahkan Chef Agus yang jadi head di Bungasari Innovation Center juga tak segan turun tangan membantu untuk meratakan coklat ganache di cake kami. Senangnyaaaaa :)

Bungasari 5


Bungasari 6


Setelah menjalani proses baking yang seru, heboh dan menyenangkan itu selesai, kami diberikan kesempatan untuk memotret cake masing-masing dan setelah itu mencicipinya. Rasanya? Enak pake banged! Semoga saya nanti bisa bikin Sacher-Torte sendiri, kan udah dapat bekal 6kg tepung terigu dari Bungasari.

Sacher-Torte
Sacher-Torte (tidak 100%) buatan saya :D


Terimakasih banyak Bungasari dan IDFB untuk acara yang keren ini, semoga lain kali saya bisa diundang lagi ya. Buat teman-teman yang pengen ikutan baking class Bungasari, ayo like dan gabung di Facebook Fanpage Dapur Inovasi Bungasari biar gak ketinggalan jadwal dan tau kelas apa sih yang akan diadakan setiap minggunya.

Pssstttt, akhirnya tadi pagi saya nyoba baking pake Bola Salju, tepung terigu serbaguna dari Bungasari loh, saya buat Brownies andalan semasa di Jerman. Ini hasilnya. Mau resepnya? Tunggu postingan selanjutnya, sekarang nikmatin aja fotonya dulu ;)

Brownies



BUNGASARI INNOVATION CENTER
PT Bungasari Flour Mills Indonesia
Jl.Taman Pakubuwono 6 No.11 Jakarta Selatan
Phone : +62 21 724 3394
Website: Bungasari Flour Mills
Facebook Fanpage: Dapur Inovasi Bungasari
Instagram: DapurInovasiBungasari

0 comments :

 

About Me

My photo
A West Sumatran's descendant, born and raised in Jakarta. Now living in Northern Germany. A full time dreamer.

In Member of..