Recent Comments

Kitchen Headline


Ten Ten Tempura House: Cooking Class & Demo

TenTen Tempura House Plaza Indonesia

Tanggal 20 April 2013 kemarin, saya mendapat (last minute) undangan dari Indonesian Food Blogger (IDFB) dan Boga Group untuk menghadiri acara cooking class dan cooking demo yang diadakan di Ten Ten Tempura House, Plaza Indonesia. Berhubung info yang saya dapat acara akan dimulai jam 9:30, jam 9:10 saya sudah sampai disana, tapi ternyata acaranya baru akan dimulai jam 10. Lumayan deh saya nunggu sambil playing photographer atau asik motret-motret.

Sebagai orang yang tidak terlalu menyukai basement (karena langit-langit yang rendah), ternyata berada didalam Ten Ten Tempura House ini menyenangkan loh. Interior yang didominasi oleh kayu-kayu dan rak-rak yang berisi pernak pernik kuliner (yang membuat saya ingin mengadopsi salah satu dari mereka) membuat suasana cozy dan nyaman, cocok untuk tempat kumpul keluarga sambil menikmati makanan Jepang atau boleh juga untuk kongkow bareng teman-teman.

Signature menu dari Ten Ten adalah Tendon, yaitu menu dengan topping tempura didalam mangkok dan disajikan dengan miso soup. Topping tempura dari menu tendon ini adalah ebi, kisu fish, buncis, ubi, pumpkin dan daun oba. Tempura Ten Ten sendiri sangat istimewa karena semua bahan dipilih yang berkualitas baik, seperti pemilihan black tiger prawn untuk tempura udangnya, dan dimasak dengan teknik khusus menggunakan spesial fryer machine sehingga mempunyai rasa yang enak dan konsisten.

Tempura at TenTenTempura


(Tips: Tempura udang yang bagus dan lurus dihasilkan dengan memijat udang secara hati-hati setelah tulang lunaknya dibuang, sebelum dibalutkan dengan tepung)


Omu Rice at TenTenOmurice


(Tips: Omurice yang gurih dan beraroma didapatkan dengan menambahkan butter diakhir pemasakan)


Chef Dian from TenTen Plaza Indonesia

Pada saat cooking class oleh Chef Dian dari Ten Ten, kami para peserta diajarkan bagaimana cara membuat tempura dan omurice (nasi goreng yang dibungkus oleh telur dadar). Setelah Chef Dian selesai mempraktekkan bagaimana cara membuat kedua makanan tersebut (dari persiapan sampai penyajian), diadakan lomba memasak. Peserta yang datang dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, saya sangat beruntung karena bisa berada satu kelompok dengan  para jagoan masak seperti Vania, Elsye dan Tika. Saya dan Tika kebagian membuat tempura, sementara Elsye dan Vania bertugas untuk memasak omurice. Sayang sekali walaupun rasa tempura dan omurice kami sangat enak, tapi kami belum beruntung untuk bisa jadi pemenang.

Tempura Omu Rice at TenTen

Tempura dan Omurice karya kami (The Dream Team)


Setelah kompetisi memasak selesai, diadakan cooking demo membuat Pannacotta yang juga dilakukan oleh Chef Dian. Pannacotta adalah dessert khas Italia yang tekstur dan cara memasaknya hampir sama dengan puding. Walaupun umumnya untuk pembuatannya digunakan gelatin (lembaran atau bubuk dengan takaran yang sama), tapi kita dapat mengganti gelatin dengan bubuk agar-agar biasa dengan perbandingan misalnya 6gr gelatin bisa digantikan oleh 2gr agar-agar.

Pannacotta at TenTenVanilla pannacotta dengan topping strawberry


 

Ebi Yose Katsu at TenTen

Tenbara adalah menu yang saya pilih untuk makan siang. Tenbara disajikan dalam mangkuk berisi nasi yang diatasnya diberi tempura cacahan udang dan jamur. Irisan rumput laut dan wijen sebagai topping, membuat tenbara semakin nikmat saat disantap bersamaan. Disaat saya asik menikmati tenbara, tiga orang kawan saya secara kompak memilih Spicy Beef Kinoko Don, yaitu tumisan daging sapi dan jamur yang disajikan bersama dengan sayuran yang rasanya enak, iya, saya ikut mencicipi dari mangkuk tetangga ;) Untuk minuman, saya yang sedang flu lebih memilih ocha (teh hijau) panas, namun buat teman-teman pencinta minuman dingin, bisa loh memesan ocha dingin yang disajikan dengan es batu. Segar!

Sebelum kami menikmati makan siang, Ebi Yose disajikan sebagai appetizerEbi Yose adalah ebi atau udang yang dibalut tepung roti digoreng kering dan renyah, disajikan dengan mayonaise dan salad. Yummy!

Tendon Tenbara at TenTen

Kinoko Don Miso Soup at TenTen

Oya, semua menu utama disajikan bersama miso soup, sup khas Jepang yang dibuat dari dashi (kaldu) ikan ditambah dengan rumput laut.

Acara makan siang hari itu ditutup secara sempurna dengan hidangan penutup Foret Noir Cup dan Cheese & Cookies Cup yang merupakan dua variant dessert terbaru dari Ten Ten. Saya kebagian untuk menikmati Foret Noir Cup, yang walaupun bila diterjemahkan secara bebas Foret Noir adalah Black Forest, tapi dessert yang satu ini lebih mirip chocolate mousse, baik secara tekstur maupun rasa. Foret Noir milik Ten Ten sangat cocok dilidah saya, coklatnya terasa dan tidak terlalu manis. Perfect!

Forret Noir Cheese Cookies at TenTen

Overall, saya puas sekali dengan makanan yang disediakan Ten Ten dan juga pelayanan yang mereka berikan. Pramusajinya ramah dan sigap membantu. Penting!

Buat teman-teman yang penasaran tapi ragu karena tidak terlalu suka dengan tempura, jangan khawatir karena Ten Ten memiliki lebih dari 164 menu. Salad, small bites, ala carte, donburi, rice dish, noodle, combo selection, dessert and drink adalah variasi menu yang bisa kita pilih selain tendon sebagai signature menu dari Ten Ten. Untuk anak-anak, Ten Ten menyediakan tiga pilihan Kids Meal seharga Rp.38.000,-.

Jadi, tunggu apalagi? Segara ajak keluarga atau teman-teman untuk menikmati kelezatan masakan Ten Ten Tempura House dengan suasana yang cozy yang menyenangkan, apalagi sampai tanggal 19 Mei 2013 ini mereka mengadakan promo Buy 2 get 3 khusus untuk main course bagi pemegang kartu debit dan kartu kredit Citibank.

Ten Ten juga memiliki program High Tea, yaitu pengunjung dapat menikmati 1 pilihan dessert dan 1 pilihan drink dengan harga Rp.42.000,-, yang berlaku setiap hari dari Senin-Jum'at, pukul 14:00-17:00.

 

--------

Ten Ten Tempura House
Plaza Indonesia, Level Basement unit 16-17
Jl. MH Thamrin Kav 28-30
Facebook : Ten Ten Jakarta
Twitter : @tentenjakarta
Kontak : (021) 299 23730

0 comments :